Romantisme Jabal Rahmah

Muslim pilgrims pray on a rocky hill called the Mountain of Mercy, on the Plain of Arafat near Mecca, Saudi Arabia, Thursday, Nov. 26, 2009. (AP Photo/Hassan Ammar)

Romantisme Jabal Rahmah

Romantisme Jabal Rahmah

Negara Timur Tengah memiliki banyak tempat yang menyimpan kisah serta sejarah para nabi, terutama kota suci Makkah. Tidak sedikit jama’ah Haji atau pun Umroh yang melakukan napak tilas di Negara tersebut. Dari sekian banyak tempat yang memiliki sejarah di Negara tersebut, ada satu tempat yang sangat populer bahkan pada musim haji tempat tersebut terlihat seperti lautan manusia, tempat itu bernama “Jabal Rahmah”

Jabal Rahmah adalah suatu Gunung atau bukit yang terletak di Padang Arafah tempat wukuf nya para Jama’ah Haji , Jabal Rahmah yang di sebut – sebut memiliki nilai romantisme Nabi Adam dan Siti Hawa.

Rahmah memiliki arti kasih sayang. Nama tersebut diambil dari suatu kisah masyhur yang di yakini ummat Muslim, yaitu pertemuan antara Nabi Adam As. dan Siti Hawa setelah lama tidak berjumpa. Karena ketika Nabi Adam As. dan Siti Hawa di turunkan kebumi oleh Allah Swt, mereka di turunkan secara terpisah.
tuguHingga pada akhirnya, kedua nya dipertemukan di Jabal Rahmah. Untuk mengenang momentum Romantisme Jabal Rahmah  tersebut, di puncak Jabal Rahmah terdapat suatu tugu yang terbuat dari beton persegi empat dengan lebar 1,8 meter dan tingginya 8 meter. Masyarakat setempat percaya, lokasi bertemunya Nabi Adam As. dan Siti Hawa persis di titik tugu tersebut.

Jabal Rahmah memiliki Tinggi sekitar 70 meter saja dan bisa didaki jama’ah dengan melewati sekitar 160 anak tangga. Mendaki Jabal Rahmah dari dasar hingga mencapai tugu Nabi Adam As. dan Siti Hawa, biasanya menghabiskan waktu sekitar 15 menit saja.

Di dekat monumennya, banyak jama’ah yang berdoa. Ada pula yang terpesona oleh pemandangan Padang Arafah yang  dapat dilihat jelas dari atas Jabal Rahmah. Pemandangan cantik yang jadi saksi bisu pertemuan kembali Nabi Adam As. dan Siti Hawa di bumi.

Jabal Rahmah juga menjadi tempat bersejarah bagi perjalanan Nabi Muhammad Saw. Di sanalah Beliau menerima wahyu terakhir dari Allah Swt, sekaligus penyempurna dari ajaran Islam.

Banyak jama’ah yang percaya bahwa jika berdo’a minta jodoh di Jabal Rahmah, maka do’a nya akan cepat terkabu, Walloohu a’lam.

Baca juga :

Apakah anda peduli dengan palestina ? Inilah yang dikatakan ulama Turky saat peringatan Isra’mi’raj di Masjidil Aqsho!
MASYA ALLAH… Ternyata Pahala Menemani Istri Jalan-Jalan Lebih Besar Dari Itikaf Di Masjid
Wisata Religi yang Selalu Ramai Saat Ramadan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *