Mengenal lebih dekat dengan Ramadhan

Mengenal lebih dekat dengan Ramadhan sangat perlu demi mencapai kesempurnaan nya. Berawal dari pengertian Ramadhan, Ramadhan adalah ( bulan) diturunkannya  Al Qur’an , sebagai panduan untuk umat manusia  juga tanda yang jelas  untuk bimbingan dan penilaian . Selanjutnya jika  salah seorang dari kamu mencapai bulan itu,maka ia harus berpuasa .  ( Al Baqarah 185 )

Marhaban-Ya-Ramadhan-1437H

 

Mengenal lebih dekat dengan Ramadhan

Dalam hitungan  tahun Hijriyah, bulan Ramadhan adalah bulan ke 9. Bulan Ramadhan banyak memiliki keistimewaan, bahkan barang siapa yang melakukan amal kebaikan di bulan Ramadhan, maka Alloh Swt akan melipat gandakan pahalanya. Oleh sebab itulah banyak ummat muslim yang melakukan amalan-amalan sunnah di luar amalan wajib ( Puasa Ramadhan ) seperti shalat Tarawih, Shalat witir, membaca  Al Quran, bersedekah dan masih banyak yang lain nya.

Bulan Ramadhan disebut juga sebagai Syahrut Tarbiyah atau Bulan Pendidikan.Dalam bulan Ramadhan ummat muslim di ajarkan makan secara teratur melalui sahur dan berbuka agar kesehatan tubuh dapat terjaga, lalu berpuasa sehari penuh mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari, selain itu kita diajarkan agar dapat mengatur waktu Kapan waktu makan, kapan waktu bekerja, kapan waktu istirahat dan kapan waktu ibadah. Jadi, pendidikan itu berhubungan langsung dengan penataan kembali kehidupan kita di segala bidang. Namun ujian yang paling berat adalah berjihad melawan hawa nafsu sendiri. Karena itu bulan Ramadhan sering disebut sebagai Syahrul Jihad dengan fokus pada pengendalian hawa nafsu diri sendiri.

Banyak makna yang terkandung dari semua aktifitas yang di lakukan selama bulan Ramadhan, bahkan ketika kita merasa lapar di siang hari, secara tidak sadar bahwa kita sedang di berikan gambaran keadaan orang miskin yang kelaparan, dari sinilah kita di tuntut untuk dapat bersedekah, memberikan sebagian hak mereka ( fakir miskin ) agar mereka dapat merasakan keni’matan.

Keistimewan lain bulan Ramadhan adalah di turunkan nya Alqur’an sebagai mana disebutkan dalam surah Al-Baqarah ayat 185 yang artinya:

turunnya_alquran

“bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu…”(Al-Baqarah 2: 185).

Masih banyak keistimewaan yang terkandung dalam bulan Ramadhan, dan semoga kita semua dapat menjadi golongan yang mendapatkan kemenangan bulan Ramadhan.

Baca juga

Kedudukan dan Keutamaan Masjid Al Aqsa

TIPS MEMBAWA ANAK SAAT UMROH

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *